ACTH

Hormon adrenokortikotropik (ACTH) adalah hormon yang merangsang produksi kortisol. Kortisol adalah hormon steroid yang dibuat oleh kelenj...


Hormon adrenokortikotropik (ACTH) adalah hormon yang merangsang produksi kortisol. Kortisol adalah hormon steroid yang dibuat oleh kelenjar adrenal yang penting untuk mengatur metabolisme glukosa, protein, dan lipid, menekan respon sistem kekebalan tubuh, dan membantu mempertahankan tekanan darah. Tes ini mengukur jumlah ACTH dalam darah.

ACTH diproduksi oleh kelenjar pituitari. Terletak di bawah otak di tengah kepala, kelenjar pituitari adalah bagian dari sistem endokrin, jaringan kelenjar yang bekerja sama untuk menghasilkan hormon yang bekerja pada organ, jaringan, dan kelenjar lainnya untuk mengatur sistem ke seluruh tubuh.

 
Biasanya, kadar ACTH meningkat saat kortisol rendah dan turun saat kortisol tinggi. Sebagai respons terhadap penurunan tingkat kortisol darah, hipotalamus menghasilkan hormon pelepas kortikotropin (CRH). Ini merangsang produksi ACTH oleh hipofisis, yang pada gilirannya merangsang produksi kortisol oleh kelenjar adrenal, organ kecil yang terletak di bagian atas setiap ginjal. Untuk membuat jumlah kortisol yang sesuai, hipotalamus, kelenjar di bawah otak, dan kelenjar adrenal harus berfungsi dengan baik.
Kondisi yang mempengaruhi hipotalamus, kelenjar di bawah otak, atau kelenjar adrenal dapat mengganggu produksi ACTH dan kortisol, meningkatkan atau menurunkan berapa banyak hormon yang dihasilkan kelenjar. Hal ini dapat menyebabkan tanda dan gejala yang berhubungan dengan kelebihan atau kekurangan kortisol. Kondisi yang mempengaruhi ACTH meliputi penyakit Cushing, penyakit Addison, dan hipopituitarisme. Beberapa tumor yang ditemukan di luar hipofisis di lokasi seperti paru-paru juga dapat meningkatkan konsentrasi kortisol dengan memproduksi ACTH.


Tes darah ACTH digunakan, biasanya bersamaan dengan tes kortisol, untuk membantu mendeteksi, mendiagnosis, dan memantau kondisi yang terkait dengan kortisol berlebihan atau kekurangan di tubuh. Kondisi ini meliputi:
 

  1. Penyakit Cushing: kelebihan kortisol yang disebabkan oleh tumor penghasil ACTH di kelenjar pituitari (biasanya tumor jinak) 
  2. Sindrom Cushing: mengacu pada gejala dan tanda yang terkait dengan kelebihan kortisol; Selain penyakit Cushing, sindrom Cushing mungkin disebabkan oleh tumor adrenal, hiperplasia adrenal, penggunaan obat steroid, atau karena tumor penghasil ACTH yang berada di luar hipofisis (ektopik), seperti di paru-paru. 
  3. Penyakit Addison (insufisiensi adrenal primer): penurunan produksi kortisol akibat kerusakan kelenjar adrenal 
  4. Insufisiensi adrenal sekunder: penurunan produksi kortisol karena disfungsi hipofisis 
  5. Hipopituitarisme: disfungsi hipofisis atau kerusakan yang menyebabkan penurunan (atau tidak) produksi hormon oleh hipofisis, termasuk produksi ACTH

Mengukur ACTH dan kortisol dapat membantu membedakan beberapa kondisi ini karena tingkat ACTH biasanya berubah ke arah yang berlawanan dengan tingkat kortisol. 

COMMENTS

ads
Name

Anatomi,1,ATLM-News,17,Biokimia,3,Biomed,5,Biomol,3,Blogger,3,Desain Penelitian,1,Epidemiologi,3,Health-News,12,Hematologi,15,Imunologi,10,Imunoserologi,11,Kesehatan,4,Kesling,1,Kimia Amami,4,Kimia Klinik,17,Klinik,10,Komputer,1,Malaria,1,Materi-Virologi,1,Mikrobiologi,9,Molekuler,1,News,3,Obat,1,Parasitologi,16,Patofisiologi,2,PatologiAnatomi,3,Penyakit,1,PustakaAnatomi,1,PustakaBakteriologi,6,PustakaBiokimia,3,PustakaBiomed,3,PustakaBiomol,3,PustakaHematologi,10,PustakaImun,8,PustakaKlinik,13,PustakaParasitologi,16,QC,3,SeminarWorkshop,11,Statistik,1,Tips,4,Tips Analis,1,Urin,2,
ltr
item
Laboratory Information Service: ACTH
ACTH
https://labtestsonline.org/assets/images/article_images/adrenal-N00739Mfull.jpg
Laboratory Information Service
http://www.labkes.info/2017/12/acth.html
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/2017/12/acth.html
true
9052891487379458487
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy