Antibodi

sumber : wikipedia Antibodi merupakan suatu zat yang dibentuk oleh tubuh dan berasal dari protein darah jenis gamma-globulin dan berfu...

sumber : wikipedia

Antibodi merupakan suatu zat yang dibentuk oleh tubuh dan berasal dari protein darah jenis gamma-globulin dan berfungsi sebagai pertahanan terhadap zat asing (antigen) yang masuk kedalam tubuh. 1)
Tentunya kita pernah mendengar mengenai golongan darah. Pada golongan darah terdapat dua jenis antigen yaitu aglutinogen A dan aglutinogen B, zat yang dapat menggumpalkan aglutinogen disebut aglutinin (antibodi). Golongan darah A memiliki aglutinogen A dan aglutinin B sedangkan golongan darah B memiliki aglutinogen B dan aglutinin A, sehingga kalo orang dengan golongan darah A mendapat transfusi dari orang yang bergolongan darah B maka yang akan terjadi adalah aglutinin B yang terdapat pada golongan darah A akan menggumpalkan aglutinogen B yang terdapat pada golongan darah B, juga aglutinin A yang terdapat pada golongan darah B akan menggumpakan aglutinogen A, sehingga akan terjadi penggumpalan sel darah. Oleh karena itu tidak boleh sembarangan melakukan transfusi tanpa dilakukan uji cocok serasi terlebih dahulu.
Pada kasus di atas, terdapat perlawanan terhadap antigen asing yang masuk dan sistem pertahanan tubuh melakukan reaksi terhadap zat asing tersebut dengan cara menggumpalkannya. Nah menurut cara kerjanya, Ada beberapa antibodi seperti dibawah ini:
  1. Opsonin : Merupakan antibodi yang bekerja dengan cara merangsang leukosit untuk menyerang antigen / zat asing yang masuk kedalam tubuh.
  2. Lisin : Merupakan antibodi yang bekerja dengan cara menghancurkan antigen (lisis)
  3. Presipitin : Merupakan antibodi yang bekerja dengan cara mengendapkan antigen / zat asing
  4. Aglutinin : Merupakan antibodi yang bekerja dengan cara menggumpalkan antigen
Kalau diatas adalah jenis antibodi berdasarkan cara kerjanya, sebenarnya  macam-macam antibodi itu seperti apa ya? 
Pada dasarnya antibodi tersusun atas struktur dasar yang disebut dengan rantai, dan tiap antibodi tersusun atas dua rantai berat besar dan dua rantai ringan.2) Terdapat beberapa macam rantai berat yang berbeda menyusun antibodi yang dimasukan kedalam kelas / isotype, lima isotype/kelas antibodi diketahui memiliki tugas dan fungsi yang berbeda untuk melakukan respon immunologi, kelima tipe antibodi ini adalah IgG, IgM, IgE, IgA dan IgD. 3)

IgM
Merupakan antibodi alami yang dihasilkan oleh tubuh ketika suatu infeksi terjadi. Antibodi jenis ini dihasilkan pada awal paparan. IgM melakukan respon antibodi primer, antibodi jenis ini banyak terdapat didalam darah, namun dalam keadaan normal atau tidak ada infeksi atau tidak ada zat asing masuk kedalam tubuh maka antibodi ini tidak ditemukan di dalam organ ataupun jaringan. Fungsi IgM adalah merangsang fagositosis mikroba oleh makrofag. 4)

IgG
Merupakan antibodi paling umum dan dihasilkan pada pemaparan selanjutnya, IgG melakukan respon antibodi sekunder yang bekerja lebih cepat daripada antibodi primer. IgG merupakan satu-satunya antibodi yang dapat masuk melalui plasenta dari ibu ke janin dan berfungsi untuk melindungi janin di dalam kandungan dan melindungi bayi baru lahir sampai sistem kekebalan tubuh janin tersebut terbentuk. 4)

IgA
Merupakan antibodi yang memegang peranan penting pada pertahanan tubuh terhadap masuknya mikroorganisme melalui lubang-lubang di permukaan tubuh. IgA merupakan sistem pertahanan tubuh lapis pertama. Immunoglobulin A atau IgA ditemukan pada bagian-bagian tubuh yang dilapisi oleh selaput lendir, misalnya hidung, mata, paru-paru, dan usus. IgA juga ditemukan di dalam darah dan cairan tubuh lainnya, seperti air mata, air liur, ASI, getah lambung, dan sekresi usus. IgA memiliki 3 fungsi utama, yaitu:
  • Mencegah mikroba masuk kedalam tubuh,
  • Mengikat mikroba yang hendak masuk kedalam tubuh,
  • Mengeluarkan mikroba dari dalam tubuh. 4)

IgE
Merupakan antibodi yang beredar dalam aliran darah dan dapat menyebabkan reaksi alergi segera terhadap serangan antigen. Tubuh seorang yang sering mengalami alergi memiliki kadar IgE yang tinggi. IgE berfungsi sebagai proteksi terhadap serangan parasit dan bersama-sama IgG mengikat serta mengusir antigen penyebab alergi. IgE penting dalam melawan infeksi parasit seperti river blindness dan skistosomiasis, yang banyak ditemukan di negara berkembang. 4)

IgD
Immunoglobulin D (IgD) merupakan antibodi yang terdapat dalam jumlah yang sangat sedikit di dalam darah, getah bening dan permukaan limfosit. Fungsi IgD adalah untuk mengaktifkan sel B. IgD ini bertindak dengan menempelkan dirinya pada permukaan sel T dan membantu menangkap antigen. 4)

Untuk lebih memahi tentang sistem kekebalan tubuh, maka teman-teman perlu membaca artikel lain yang berjudul tentang sistem kekebalan tubuh. 



Kepustakaan

1) biologimediacentre.com
2)  (Inggris) "Immunobiology, figure 3.2 Immunoglobulin molecules are composed of two types of protein chain: heavy chains and light chains". Charles A. Janeway, et al. Diakses tanggal 2010-03-22.
3) (Inggris) Eleonora Market, F. Nina Papavasiliou (2003) V(D)J Recombination and the Evolution of the Adaptive Immune System PLoS Biology1
4) Kamusq.com


COMMENTS

ads
Name

Anatomi,1,ATLM-News,14,Biokimia,3,Biomed,5,Biomol,3,Blogger,3,Desain Penelitian,1,Epidemiologi,3,Health-News,12,Hematologi,15,Imunologi,10,Imunoserologi,11,Kesehatan,4,Kesling,1,Kimia Amami,4,Kimia Klinik,17,Klinik,10,Komputer,1,Malaria,1,Materi-Virologi,1,Mikrobiologi,9,Molekuler,1,News,3,Obat,1,Parasitologi,16,Patofisiologi,2,PatologiAnatomi,3,Penyakit,1,PustakaAnatomi,1,PustakaBakteriologi,6,PustakaBiokimia,3,PustakaBiomed,3,PustakaBiomol,3,PustakaHematologi,10,PustakaImun,8,PustakaKlinik,13,PustakaParasitologi,16,QC,3,SeminarWorkshop,8,Statistik,1,Tips,4,Tips Analis,1,Urin,2,
ltr
item
Laboratory Information Service: Antibodi
Antibodi
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2d/Antibody.svg/255px-Antibody.svg.png
Laboratory Information Service
http://www.labkes.info/2015/11/antibodi.html
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/2015/11/antibodi.html
true
9052891487379458487
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy