Profil Lipid (Lipid Darah)

Lipid dan Lipoprotein Lipid adalah senyawa yang mengandung karbon dan hidrogen yang tidak larut dalam air (hidrofobik) tetapi larut d...

Lipid dan Lipoprotein

Lipid adalah senyawa yang mengandung karbon dan hidrogen yang tidak larut dalam air (hidrofobik) tetapi larut dalam pelarut organik. Komponen lipid utama yang dapat dijumpai dalam plasma adalah trigliserida, kolesterol dan fosfolipid. Oleh karena sifat lipid yang susah larut, maka perlu dibuat bentuk yang larut. Untuk itu dibutuhkan suatu zat pelarut yaitu suatu protein yang dikenal dengan nama apolipoprotein atau apoprotein. Pada saat ini dikenal sembilan jenis apoprotein yang diberi nama secara alfabetis yaitu apoA, apoB, apoC dan apoE. Senyawa lipid dengan apoprotein ini dikenal dengan nama lipoprotein. Setiap jenis lipoprotein mempunyai Apo tersendiri, sebagai contoh untuk VLDL, IDL, dan LDL mengandung Apo B100, sedangkan ApoB48 ditemukan pada kilomikron, Apo A1, Apo A2 dan ApoA3 ditemukan terutama pada lipoprotein HDL dan kilomikron. Setiap lipoprotein berbeda dalam ukuran, densitas, komposisi lemak dan komposisi apoprotein. Dengan menggunakan ultrasentrifugasi pada manusia dibedakan enam jenis lipoprotein yaitu HDL, LDL, IDL, VLDL, Kilomikron, dan Lipoprotein a kecil (Lpa).

Metabolisme Lipoprotein

Metabolisme lipoprotein dapat dibagi atas tiga jalur yaitu jalur metabolisme eksogen, jalur metabolisme endogen dan jalur reverse cholesterol transport. Kedua jalur pertama berhubungan dengan metabolisme kolesterol-LDL dan trigliserida, sedangkan jalur reverse cholesterol transport khusus mengenai metabolisme kolesterol-HDL.

Jalur Metabolisme Eksogen

Makanan berlemak yang kita makan terdiri atas trigliserida dan kolesterol, selain kolesterol dari makanan di usus juga terdapat kolesterol dari hari yang diekskresi bersama empedu ke usus halus, lemak yang ada di usus halus yang berasal dari makanan maupun dari hati disebut lemak eksogen. Trigliserid akan diserap sebagai asam lemak bebas sedangkan kolesterol tetap sebagai kolesterol, didalam usus halus lemak bebas akan diubah lagi menjadi trigliserid sedangkan kolesterol akan mengalami esterifikasi menjadi kolesterol ester dan keduanya bersama dengan fospolipid dan apolipoprotein akan membentuk lipoprotein yang dikenal dengan kilomikron.
Kilomikron akan masuk ke saluran limfe dan akhirnya melalui duktus torasikus akan masuk ke dalam aliran darah. Trigliserid dalam kilomikron akan mengalami hidrolisis oleh enzim lipoprotein lipase yang berasal dari endotel menjadi asam lemak bebas. Asam lemak bebas dapat disimpan sebagai trigliserid kembali di jaringan adiposa, tetapi bila terdapat dalam jumlah yang banyak sebagian akan diambil oleh hati menjadi bahan untuk pembentukan trigliserid hati.

Jalur Metabolisme Endogen

Trigliserid dan kolesterol yang disintesis di hati dan diekskresi ke dalam sirkulasi sebagai lipoprotein VLDL. Apolipoprotein yang terkandung dalam VLDL adalah apolipoprotein B100. Dalam sirkulasi, trigliserid di VLDL akan mengalami hidrolisis leh enzim lipoprotein lipase (LPL) dan VLDL berubah menjadi IDL yang juga akan mengalami hidrolisis dan berubah menjadi LDL. LDL adalah lipoprotein yang paling banyak mengandung kolesterol, sebagian dari kolesterol di LDL akan dibawa ke hati dan jaringan steroidogenik lainnya seperti kelenjar adrenal, testis dan ovarium.

Jalur Reverse Cholesterol Transport

HDL dilepaskan sebagai partikel kecil yang mengandung apolipoprotein (apo A, C dan E) dan disebut HDL nascent.  HDL ini berasal dari usus halus dan hati serta mempunyai bentuk gepeng dan mengandung apolipoprotein A1. HDL nascent akan mendekati makrofag untuk mengambil kolesterol yan tersimpan di makrofag. Setelah mengambil kolesterol yang tersimpan di makrofag, HDL nascent berubah menjadi HDL dewasa yang berbentuk bulat.
Setelah mengambil kolesterol bebas dari sel makrofag, kolesterol bebas akan diesterifikasi menjadi kolesterol ester oleh enzim lecithin cholesterol acyltransferase (LCAT). Selanjutnya sebagian kolesterol ester yang dibawa oleh HDL akan mengambil dua jalur, jalur pertama ialah ke hati dan ditangkap oleh scavenger receptor class B tipe 1 dikenal dengan SR-B1. Jalur kedua adalah kolesterol ester dalam HDL akan dipertukarkan dengan trigliserid dari VLDL dan IDL dengan bantuan cholesterol ester transfer protein.

Fraksi Lipid
Fraksi lipid yang umumnya diperiksa di laboratorium adalah sebagai sebagai berikut:

Trigliserida
Trigliserida  merupakan asam lemak  yang  dibentuk  dari esterifikasi gliserol dan tiga asam lemak, yang dibawa oleh lipoprotein serum. Sebagian besar trigliserida disimpan sebagai lemak dalam jaringan adiposa, fungsi trigliserida adalah memberikan energi pada otot jantung dan otot rangka dan sebagai cadangan energi. Trigliserida merupakan penyebab utama terjadinya penyakit arteri dan sering dibandingkan dengan kolesterol melalui uji elektroforesis lipoprotein. Pada saat konsentrasi trigliserida meningkat, lipoprotein VLDL (Very Low Density Lipoprotein) juga meningkat, dan menyebabkan hiperlipoproteinemia. Asupan alkohol dapat menyebabkan peningkatan sementara kadar trigliserida serum, lebih dari 95% lemak yang berasal dari makanan adalah trigliserida. Nilai rujukan trigliserida 30-160 mg/dl.

Kolesterol
Kolesterol berasal dari makanan dan sintesis endogen di dalam tubuh. Sumber kolesterol dalam makanan seperti kuning telur, susu, daging, lemak (gajih), dan sebagainya terutama dalam keadaan ester.  Di dalam usus, ester dihidrolisis oleh kolesterol esterase yang berasal dari pancreas, kemudian kolesterol bebas yang terbentuk diserap oleh mukosa usus dengan kilomikron sebagai alat transport ke sistem limfatik dan akhirnya ke sirkulasi vena.
Kolesterol disintesis di hati dan usus serta ditemukan dalam eritrosit, membran sel, dan otot. Kolesterol penting dalam struktur dinding sel. Kolesterol digunakan tubuh untuk  membentuk  garam empedu  sebagai  fasilitator  untuk pencernaan lemak dan untuk pembentukan hormon steroid (misal kortisol, estrogen, androgen) oleh kelenjar adrenal, ovarium, dan testis.
Karena lipid tidak dapat larut dalam air, maka perlu suatu ‘pengangkut’ agar  bisa  masuk  dalam sirkulasi darah  yaitu  lipoprotein.  Lipoprotein dalam sirkulasi terdiri dari partikel berbagai ukuran yang juga mengandung kolesterol, trigliserida,  fosfolipid,  dan protein dalam  jumlah  berbeda sehingga  masing-masing lipoprotein memiliki karakteristik densitas yang berbeda. Lipoprotein terbesar   dan  paling   rendah  densitasnya   adalah  kilomikron,   diikuti  oleh lipoprotein densitas sangat rendah yaitu VLDL (Very Low Density Lipoprotein), lipoprotein densitas rendah (Low Density Lipoprotein) LDL, lipoprotein densitas sedang (Intermediate Density Lipoprotein) IDL, dan lipoprotein densitas tinggi (High Density Lipoprotein) HDL.
VLDL terutama terdiri dari trigliserid endogen yang dibentuk oleh sel hati dari karbohidrat. Ia bertugas membawa kolesterol yang dikeluarkan dari hati ke jaringan otot untuk disimpan sebagai cadangan energi.
LDL merupakan partikel yang mengandung 45% kolesterol. Variannya ditentukan oleh rasio kandungan kolesterol dan trigliserida, dimana trigliserida menurun pada partikel yang lebih kecil (LDL-pk). LDL-pk bersifat aterogenik karena beberapa hal : secara umum partikel yang lebih kecil dan padat akan lebih mudah menerobos endotel pembuluh darah dan melakukan penetrasi ke intima; LDL-pk lebih mudah mengalami oksidasi dan glikasi sehingga memicu proses terbentuknya sel busa di intima. LDL bertugas mengangkut kolesterol dalam  plasma  ke  jaringan  perifer  untuk  keperluan  pertukaran  zat.  LDL  ini mudah menempel pada dinding pembuluh koroner dan menimbulkan plak. Itu sebabnya LDL sering disebut sebagai “kolesterol jahat”.

HDL  dibentuk  oleh  sel  hati dan  usus,  bertugas  menyedot  timbunan kolesterol di jaringan tersebut, mengangkutnya ke hati dan membuangnya ke dalam empedu, sehingga HDL disebut juga “kolesterol baik”. Penurunan HDL pada DM tipe 2 disebabkan oleh banyak faktor, namun yang terpenting adalah meningkatnya transfer kolesterol dari HDL ke lipoprotein kaya trigliserin dan sebaliknya  transfer  trigliserid  ke  HDL.  Kemungkinan  lain  adalah  akibat hiperglikemia maupun resis tensi insulin. Menurut PERKENI (Perkumpulan Endokrinologi Indonesia), kadar lipid plasma yang optimal adalah sebagai berikut :

Dislipidemia

Dislipidemia  adalah  kelainan  metabolisme   lipid  yang ditandai dengan peningkatan atau penurunan fraksi lipid dalam plasma. Kelainan fraksi lipid yang utama adalah kenaikan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida serta penurunan kadar kolesterol HDL. Dislipidemia dibedakan atas dislipidemia primer dan dislipidemia sekunder. Dislipidemia primer adalah kelainan penyakit genetik dan bawaan yang dapat menyebabkan kelainan kadar lipid dalam darah.
Dislipidemia sekunder disebabkan  oleh suatu keadaan  seperti  hiperkolesterolemia yang diakibatkan oleh hipotiroidisme,  nefrotik syndroma,  kehamilan, anoreksia nervosa, dan penyakit hati obstruktif. Hipertrigliserida disebebkan oleh DM, konsumsi alkohol, gagal ginjal kronik, miokard infark, dan kehamilan. Dan dislipidemia dapat disebabkan oleh hipotiroidisme, nefrotik sindroma, gagal ginjal akut, penyakit hati, dan akromegali.

COMMENTS

ads
Name

Anatomi,1,ATLM-News,17,Biokimia,3,Biomed,5,Biomol,3,Blogger,3,Desain Penelitian,1,Epidemiologi,3,Health-News,12,Hematologi,15,Imunologi,10,Imunoserologi,11,Kesehatan,4,Kesling,1,Kimia Amami,4,Kimia Klinik,17,Klinik,10,Komputer,1,Malaria,1,Materi-Virologi,1,Mikrobiologi,9,Molekuler,1,News,3,Obat,1,Parasitologi,16,Patofisiologi,2,PatologiAnatomi,3,Penyakit,1,PustakaAnatomi,1,PustakaBakteriologi,6,PustakaBiokimia,3,PustakaBiomed,3,PustakaBiomol,3,PustakaHematologi,10,PustakaImun,8,PustakaKlinik,13,PustakaParasitologi,16,QC,3,SeminarWorkshop,11,Statistik,1,Tips,4,Tips Analis,1,Urin,2,
ltr
item
Laboratory Information Service: Profil Lipid (Lipid Darah)
Profil Lipid (Lipid Darah)
http://3.bp.blogspot.com/-euzyLKhHpWk/VXH5dr-3kNI/AAAAAAAAAcA/aBal5bNSOTo/s400/Screenshot_12.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-euzyLKhHpWk/VXH5dr-3kNI/AAAAAAAAAcA/aBal5bNSOTo/s72-c/Screenshot_12.jpg
Laboratory Information Service
http://www.labkes.info/2015/06/profil-lipid-lipid-darah.html
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/2015/06/profil-lipid-lipid-darah.html
true
9052891487379458487
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy