Lipid atau Lemak dalam Tubuh dan Metode Analisanya

Alhamdulillah sempet juga bikin postingan baru, setelah sekian lama gak mosting karena gak ada paket modem wkwkwk :p To the Point aje ye.....

Alhamdulillah sempet juga bikin postingan baru, setelah sekian lama gak mosting karena gak ada paket modem wkwkwk :p

To the Point aje ye...

Lipid / Lemak itu apa ya?
Secara sederhana lipid bisa di artikan sebagai senyawa heterogen yang terdapat dan diperlukan oleh tubuh manusia, biasanya tersusun atas hidrogen dan karbon yang bersifat non polar, karena sifatnya yang non polar si lipid ini sukar diserap atau tidak larut didalam air. Saat makanan yang mengandung lemak masuk kedalam tubuh, maka lemak tersebut akan diubah menjadi gliserol dan asam lemak oleh enzim lipase (enzim yang dihasilkan oleh pankreas) tujuannya yaitu supaya senyawa lemak yang masuk tadi bisa diserap oleh tubuh.

Darimana lemak diperoleh ?
Faktanya lemak diperlukan oleh tubuh salah satunya adalah sebagai cadangan energi (Lihat Fungsi lemak). Logikanya, Jika lemak diperlukan oleh tubuh otomatis harus ada intake lemak ke dalam tubuh, bukan begitu teman-teman? Namun cara masuknyapun tentu berbeda, kita tidak mungkin memakan lemak seperti gajih ayam, kambing atau apalah itu yang hampir semuanya tersusun atas lemak karena tanpa kita sadari setiap hari si lemak ini ada pada makanan yang kita konsumsi. 
Lemak / Lipid bisa kita jumpai pada minyak (bisa minyak kelapa, salvia, minyak ikan, dan minyak-minyak yang lainnya). Apakah anda termasuk golongan orang yang doyan gorengan ? Atau  makanan yang dalam proses penyajiannya harus digoreng terlebih dahulu? Jelas "IYA" jawabannya. Hampir 90% makanan yang kita makan mengandung  lemak, apa gak bahaya tuh ? Jawabannya pasti nanti ketemu, asal bacanya sampai tuntas ya teman-teman...!!
Lemak juga terdapat pada mentega, daging, susu bahkan ada pada buah-buahan dan kacang, salah satu buah yang mengandung lemak adalah alpukat.

Lemak dalam Tubuh

~ Trigliserida
Trigliserid atau disebut juga lemak netral merupakan jenis lemak yang terdapat dalam tubuh manusia, trigliserida ini tersusun atas 3 asam lemak dan gliserol. Kadar normalnya dalam tubuh adalah <150 mg/dL . Keadaan dimana kadar trigliserid melebihi nilai normal disebut dengan Hipertrigliseridemia, biasanya peningkatan trigliserida ini dipacu oleh konsumsi tepung atau glukosa berlebih, makanan yang mengandung lemak jenuh dll.
Cara sederhana untuk mengetahui apakah kadar trigliserid dalam darah tinggi atau tidak adalah sebagai berikut: Plasma darah ditaruh di lemari pendingin (kulkas) kurang lebih 9 jam, jika terdapat kekeruhan berarti kadar trigliserid dalam darahnya tinggi, semakin keruh plasma darah maka semakin tinggi pula kadar trigliseridnya. Biasanya darah yang kadar trigliseridnya tinggi akan lebih kental dari darah normal.

~ Kolesterol atau Sterol
Kolesterol merupakan jenis lipid penyusun membran sel serta bahan baku untuk pembentukan hormon steroid (hormon yang berhubungan dengan sistem reproduksi seperti estrogen, testosteron, kortisol dll). Kolesterol juga merupakan bahan baku pembentuk garam empedu, yaitu cairan yang mengalir dalam darah yang berfungsi untuk menetralisir racun yang tidak disengaja masuk bersama makanan.
Salah satu fungsi dari kolesterol adalah menjaga kulit kedap air, artinya pada saat tertentu ketika hasil metabolisme berupa keringat ingin dikeluarkan, maka kulit akan secara otomatis membuka pori-porinya dan keringat dapat dikeluarkan melalui pori kulit, lain halnya saat kita mandi atau kehujanan, air yang kita pakai tidak akan bisa masuk dengan begitu saja kedalam tubuh karena dilindungi oleh kolesterol yang ada pada kulit kita, bisa kita bayangkan jika air mampu menembus kulit dan masuk kedalam tubuh secara bebas, mungkin kita akan jadi manusia gelonggongan yaa?? haha #just kidding
Namun kolesterol dalam tubuhpun mempunyai batas normal, dia tidak bisa seenaknya ada dalam tubuh karena jika jumlahnya melebihi batas normal maka tubuh akan mengalami kelainan yang disebut Hiperkolesterolemia. Kadar normalnya adalah 150 - 200 mg/dL. Peningkatan kadar kolesterol ini dapat dipacu oleh konsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh, minyak goreng yang dipakai berulang-ulang akan merusak dan merubah susunan kimia sehingga akan sulit teroksidasi karena bersifat lebih stabil oleh karena itu asam lemak jenuh akan lebih sulit bereaksi dibanding asam lemak tak jenuh.
Ciri minyak yang mengandung asam lemak jenuh adalah mudah membeku dan baunya cepat berubah menjadi tengik.

~ Lemak Majemuk
Lemak ini merupakan lemak yang telah berikatan dengan senyawa lain dan berfungsi untuk pembentukan dinding sel. Salah satu contoh lemak majemuk adalah Fosfolipid (Fosfat + lipid), Glikolipid (glikogen + lipid)

Metabolisme Lemak
Lemak yang diikat oleh apoprotein akan membentuk komposisi lemak yang dapat larut dalam air dan membentuk partikel dalam darah yang disebut dengan lipoprotein sehingga transportasi menjadi lebih mudah. Jenis LipoProtein yang tersirkulasi dalah darah ada 4 jenis yaitu Chylomicron, VLDL, LDL dan HDL dan salah satu komponen dari Lipoprotein ini bertugas untuk mengangkut kolesterol dan trigliserid yaitu dari jenis protein. Untuk lebih memahaminya lihat tabel dibawah ini !

Jika kita ambil darah kemudian serum/plasma darahnya disentrifuge dengan kecepatan tinggi (ultrafugasi), maka kita akan mendapatkan hasil sebagai berikut:
- High Density Lipoprotein (HDL) = berada pada lapisan paling bawah, karena berat jenisnya (BJ) paling besar
- Low Density Lipoprotein (LDL) = berada pada lapisan kedua di atas HDL
- Very Low Density Lipoprotein (VLDL) = Lebih ringan dari LDL dan berada diatasnya
- Chylomicron = Mengapung pada lapisan paling atas karena paling ringan BJ-nya
Pada kehidupan sehari-hari kita seing mendengar ada istilah lemak jahat (LDL) dan lemak baik (HDL). Sebenarnya kenapa LDL disebut lemak jahat sedangkan HDL sebaliknya ?
Jika dilihat dari tabel di atas kita bisa lihat bahwa LDL tersusun atas 43% kolesterol dan 25% Protein, kadar protein yang lebih kecil dibanding dengan Kolesterol akan menyebabkan penimbunan kolesterol pada pembuluh darah (*ingat ! protein berfungsi untuk mengangkut kolesterol). Berbeda dengan HDL yang tersusun atas 20% kolesterol dan 45% protein, ini sangat menguntungkan bagi tubuh kita, karena kadar protein yang berperan untuk mengangkut kolesterol lebih besar dibanding dengan si kolesterol itu sendiri, otomatis tidak akan ada sampah kolesterol yang tertimbun di pembuluh darah, sisa protein yang terdapat pada HDL tersebut akan mengangkut kolesterol yang tadi tertimbun dari LDL, itulah sebabnya si HDL ini disebut lemak baik. #begitulah gambaran sederhananya   ^_^

Metode Analisa Trigliserid
~ Reaksi Enzimatik Kolorimetri
Metode GPO-PAP : Prinsip dari metode ini yaitu pertama-tama Trigliserida akan diurai menjadi gliserol oleh enzim Lipoprotein Lipase kemudian gliserol hasil penguraian tadi oleh enzim Gliserofosfooksidase (GPO) akan diubah menjadi H2O2. Warna merah yang terbentuk adalah hasil reaksi dari H2O2 dan phenol ditambah aminopenazon dengan bantuan enzim peroksidase (POD). Intensitas warna yang terbentuk sebanding dengan kadar trigliserid, semakin pekat warnanya maka kadar trigliseridnyapun semakin besar.
*untuk pemeriksaan menggunakan metode ini harus puasa terlebih dahulu selama 10-12 jam
*kekurangannya: masa inkubasi agak lama yaitu sekitar 3-5 menit

~ Reaksi Kinetik Ultra Violet
Reaksi ini didasarkan pada kecepatan reaksi yang diukur pada panjang gelombang UV dan biasanya menggunakan photometer dengan panjang gelombang <400 nm. Nilai normal trigliserid < 200 mg/dL
*Syarat : Fasting Nuchter
*Kelebihan: masa inkubasi pendek yaitu 1 menit

Pedoman Hasil Trigliserida
(Europe)

Metode Analisa Kolesterol Total

~ Konvensional
Metode yang digunakan Zurkowsky yang dikembangkan oleh Libermann Buchard. Komposisinya ialah As. Sulfosalisilat, Asam asetat ahidrat dan asam sulfat jenuh, karena reagen yang digunakan hampir semuanya pekat, sehingga sangat mengancam keselamatan kerja analis, maka cara konvensional ini sudah ditinggalkan dan diganti oleh cara yang lebih modern.

~ Enzimatik Kolorimetri
Metode : CHOD-PAP dan CHOD-IODIDE
Prinsip kerjanya yaitu Kolesterol akan dibebaskan dari lipoprotein oleh enzim kolesterol esterase, kolesterol yang sudah terlepas akan dioksidasi menjadi H2O2 oleh bantuan enzim Kolesterol oksidase, reaksi warna terjadi jika H2O2 yang teroksidasi bereaksi dengan Phenol ditambah aminophenazon oleh bantuan enzim peroksidase dan timbul warna merah.

Metode Anlisa HDL

Tahapan:
- Pengendapan Chylomicron, VLDL dan LDL. Cara mengendapkannya : Serum + [Polietilen glikol / AFT (Asam Fosfo Tungstat) + ion Mg] atau Serum + Heparin + ion Mg. Larutan ini disebut presipitator (larutan yang mengendap)
- Kolesterol yang terdapat pada supranatan direaksikan secara enzimatik dengan metode CHOD-PAP, dan intensitas warna yang terbentuk sebanding dengan kadar HDL
*Nilai normal HDL adalah > 35 mg/dL
Untuk Nilai Rujukan HDL lihat tabel berikut !

Rujukan I (G.Assmann,1979) Eropa

Rujukan II ( Baraas 1994 dikembangkan oleh Alison H, 1996 ) ASIA

Metode Analisa LDL
~ Indirect Method
Caranya yaitu dengan mengendapkan LDL dari serum, kenapa malah LDL yang diendapkan padahal tujuan kita mau periksa LDL? Karena LDL merupakan jenis lipoprotein yang sukar untuk dipisahkan dari lipoprotein yang lain, dia susah untuk diapungkan oleh sebab itu cara pemisahan si LDL ini harus diendapkan dengan Heparin + Buffer pH 5,12 (saat ini hanya larutan inilah yang bisa mengendapkan LDL doang). Karena presipitat (yang mengendap) tidak bisa diukur dengan metode kolorimetri, maka kolesterol yang ada pada supranatan lah yang akan kita ukur dengan menggunakan reaksi enzimatik kolorimetri metode CHOD-PAP.
*Untuk menghitung kadar LDL digunakan rumus: LDL= Kolesterol total - Kolesterol supranatan

~ Formula Fried Wald
Sesuai dengan namanya, cara pemeriksaan LDL ini paling unik yaitu menggunakan sebuah formula (rumus) yaitu sebagai berikut: LDL= K.Total - HDL - (Trigliserida : 5)
Jika dokter merekomendasikan untuk pemeriksaan Kolesterol total, HDL, LDL dan trigliserid maka cukup kita melakukan pemeriksaan (secara praktik) HDL, Kolesterol total dan Trigliserid sedangkan untuk LDL kita lakukan dengan perhitungan, Namun cara ini tak lepas dari syarat dan ketentuan yaitu kadar Trigliseridanya tidak boleh lebih dari 400 (Trigliserid <400).

~ Direct Method
Cara ini merupakan cara yang cepat dengan tingkat akurasi yang baik, namun untuk membeli reagennya cukup menguras saku. tapi tenang saja yang beli kan Rumah Sakit bukan kita... haha :D
Caranya : Serum kita ambil lalu tambahkan reagen maka akan terbentuk warna. (serum + reagen --> warna)
Namun reagen yang digunakan harus spesifik untuk LDL dan bereaksi hanya dengan LDL saja. Perlu diperhatikan, sebagai seorang analasi kita harus mampu menggunakan metode sesuai dengan keadaan demi kemajuan lab dan menjaga profesionalisme analis.

Rujukan LDL Assmann, 1979 (Europe)


Alhamdulillah, untuk hari ini dicukupkan sekian dulu yaa...

Salam Analis ... ;-)


COMMENTS

ads
Name

Anatomi,1,ATLM-News,14,Biokimia,3,Biomed,5,Biomol,3,Blogger,3,Desain Penelitian,1,Epidemiologi,3,Health-News,12,Hematologi,15,Imunologi,10,Imunoserologi,11,Kesehatan,4,Kesling,1,Kimia Amami,4,Kimia Klinik,17,Klinik,10,Komputer,1,Malaria,1,Materi-Virologi,1,Mikrobiologi,9,Molekuler,1,News,3,Obat,1,Parasitologi,16,Patofisiologi,2,PatologiAnatomi,3,Penyakit,1,PustakaAnatomi,1,PustakaBakteriologi,6,PustakaBiokimia,3,PustakaBiomed,3,PustakaBiomol,3,PustakaHematologi,10,PustakaImun,8,PustakaKlinik,13,PustakaParasitologi,16,QC,3,SeminarWorkshop,8,Statistik,1,Tips,4,Tips Analis,1,Urin,2,
ltr
item
Laboratory Information Service: Lipid atau Lemak dalam Tubuh dan Metode Analisanya
Lipid atau Lemak dalam Tubuh dan Metode Analisanya
http://1.bp.blogspot.com/-bDQtm-XiggI/Uqd4nS30_SI/AAAAAAAAAWM/IIN7fYxo7bk/s200/gambar-animasi-orang-lagi-mikir.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-bDQtm-XiggI/Uqd4nS30_SI/AAAAAAAAAWM/IIN7fYxo7bk/s72-c/gambar-animasi-orang-lagi-mikir.jpg
Laboratory Information Service
http://www.labkes.info/2013/12/lipid-atau-lemak-dalam-tubuh.html
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/2013/12/lipid-atau-lemak-dalam-tubuh.html
true
9052891487379458487
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy