Tinea Cruris/Kurap (Penyebab dan Pencegahannya)

Tinea kruris yaitu infeksi jamur dermatofita di daerah inguinal, bokong, perut bagian bawah, perineum dan perianal. Penyakit ini hampir per...

Tinea kruris yaitu infeksi jamur dermatofita di daerah inguinal, bokong, perut bagian bawah, perineum dan perianal. Penyakit ini hampir pernah dialami oleh setiap perempuan ataupun laki laki di seluruh dunia. Bahasa kedokterannya adalah tinea kruris (tinea cruris) yang artinya jamur selangkangan.Dalam bahasa Inggris disebut crotch itch,crotch rot atau jock rot. 
Penyakit ini terkadang sembuh sendiri dan menyisakan bekas luka berwarna hitam pada lipat paha.Namun biasanya kambuh kembali dan menimbulkan rasa gatal sehingga mengganggu aktifitas sehari hari.Selain itu,warna lipat paha yang kehitaman pada lipat paha umumnya tidak disukai oleh kaum perempuan.

Keluhan penyakit ini adalah gatal gatal,sering tidak disadari pada waktu tidur digaruk dan menimbulkan lecet sehinga timbul perih dan terkadang terinfeksi oleh bakteri. Terlihat pada daerah lipat paha suatu area yang menyerupai pulau atau kepulauan.Bagian tengahnya biasanya licin dan kering bersisik , pada bagian tepinya berbintik bintik dan berwarna kemerahan (bagian jamur yang aktif).

Penyebaran penyakit ini biasanya hanya pada daerah sekitar lipat paha saja seperti ke dareah perineum didekat anus,kearah daerah perut atau bahkan kedaerah paha bagian bawah. Pada keadaan yang ekstrim,penyebarannya dapat mencapai lipatan payudara sampai ke ketiak.

Penyebab tinea kruris adalah jamur. Setidaknya ada 4 jenis jamur yang biasanya menimbulkan penyakit ini yaitu,Trichophyton rubrum,Candida albicans,Trichophyton mentagrophytes dan Epidermophyton floccosum.

Faktor yang menyebabkan jamur ini tumbuh di daerah lipatan paha adalah faktor kelembaban.Daerah ini sangat lembab,apalagi bila sering lalai tidak mengganti pakaian dalam berhari hari maka jamur ini akan tumbuh semakin subur.

Pencegahan terkena penyakit ini adalah hidup bersih.Mandi teratur,pakaian disetrika,pakaian dalam diganti setiap hari dan satu hal penting lainnya adalah gunakanlah pakaian dalam yang mudah menyerap keringat,hindari pemakaian pakaian dalam yang berbahan nilon karena akan menyebabkan daerah lipat paha menjadi lebih lembab.

Pengobatan tinea kruris adalah dengan obat anti jamur .Sediaannya berupa krim atau tablet.

Pada lesi penyakit yang kecil,dapat digunakan krim anti jamur setiap habis mandi. Pada lesi yang luas sebaiknya menggunakan cara kombinasi dimana krim dioleskan pada lesi yang terlihat sedangkan tablet untuk menjangkau lesi lesi yang tidak terlihat. Ada baiknya bila sedang mengobati,seluruh pakaian dalam bawah direbus,atau direndam dengan cairan antiseptik seperti lysol (nama dagang),kalau perlu diganti baru semua. Walaupun tampak sepele,sebaiknya pengobatan dilakukan atas panduan dokter mengingat ada beberapa faktor yang dapat menimbulkan tinea kruris selain yang disebutkan diatas, seperti misalnya penyakit gula (diabetes melitus).

Tinea kruris dapat tumbuh lebih subur di lipat paha penderita diabetes melitus. Tidak ada artinya mengobati tinea kruris bila kadar gula dalam darah tidak terkontrol.Selalu konsultasikan setiap keluhan dengan dokter anda.

Tip sehat bebas jamur : Hidup bersih ; mandi setiap hari,ganti pakaian setiap hari,pakaian disetrika.Bila sudah hidup bersih tetapi timbul tinea kruris yang hebat maka konsul dengan dokter,periksa kadar gula darah,waspadai diabetes melitus.




Source: halodokterku.blogspot.com



COMMENTS

ads
Name

Anatomi,1,ATLM-News,17,Biokimia,3,Biomed,5,Biomol,3,Blogger,3,Desain Penelitian,1,Epidemiologi,3,Health-News,12,Hematologi,15,Imunologi,10,Imunoserologi,11,Kesehatan,4,Kesling,1,Kimia Amami,4,Kimia Klinik,17,Klinik,10,Komputer,1,Malaria,1,Materi-Virologi,1,Mikrobiologi,9,Molekuler,1,News,3,Obat,1,Parasitologi,16,Patofisiologi,2,PatologiAnatomi,3,Penyakit,1,PustakaAnatomi,1,PustakaBakteriologi,6,PustakaBiokimia,3,PustakaBiomed,3,PustakaBiomol,3,PustakaHematologi,10,PustakaImun,8,PustakaKlinik,13,PustakaParasitologi,16,QC,3,SeminarWorkshop,11,Statistik,1,Tips,4,Tips Analis,1,Urin,2,
ltr
item
Laboratory Information Service: Tinea Cruris/Kurap (Penyebab dan Pencegahannya)
Tinea Cruris/Kurap (Penyebab dan Pencegahannya)
https://4.bp.blogspot.com/-GvEMrdv0F0k/TXzKx-L5WBI/AAAAAAAAApg/l1g8mu5d3rM/s1600/tinea_cruris12.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-GvEMrdv0F0k/TXzKx-L5WBI/AAAAAAAAApg/l1g8mu5d3rM/s72-c/tinea_cruris12.JPG
Laboratory Information Service
http://www.labkes.info/2013/10/tinea-cruriskurap-penyebab-dan.html
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/
http://www.labkes.info/2013/10/tinea-cruriskurap-penyebab-dan.html
true
9052891487379458487
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy